Jumat, 11 Juli 2014

SOAL-SOAL DRAMA

SOAL SOAL DRAMA

1. Bayu : "sebenarnya ada apa?"
    Edi : "Hari ini kan tanggal 10, uang SPP-ku belum dibayar. Bapakku masih diluar kota,sedangkan ibuku  sakit sudah dua minggu. Aku malu pada guruku"(tertunduk).
    Bayu :"Aku masih punya uang tabungan, gunakanlah dulu! jangan khawatir, kapan-kapan saja jika kau sudah punya uang baru dibayar."
Dialog Edi pada cuplikan drama di atas di ucapkan dengan nada.....
A. Sedih
B. Gembira
C. Memelas

D. Riang
E. Kaget

2. Cecep : " Coba rokok tidak halal ini barangkali rasanya tidak enak daripada rokok halal kalau memang   yang halal tidak ada. Bukankah engkau sering mengatakan cara kerjaku mendapat uang cara yang tidak halal?"
   Hakam :" Aku sudah merokok."
Penuturan tokoh Cecep di sampaikan dengan gaya.....
A. Marah
B. Sombong
C. Menyindirt
D. Putus asa
E. Memaksa

3. Gareng: Ah,tamu kita datang.Selamat datang!Saudara ini raja atau tukang kayu?
    Bergawa: Saya Rama Bergawa alias Rama Parasu.
    Petruk: Tambah Seri Paduka
    Bergawa: Maaf Tambah Seri Paduka.(pada Petruk).Ini raja?
    Gareng: Berapa kali sudah menghina.Tapi tidak apa.Ini cuma sandiwara.Saya raja negeri kurang tahu,darahku biru,buat transfusi tidak laku.
Suasana yang tercipta dalam adegan dialog diatas bersifat......
A.humor
B.menyindir
C.pertengkaran
D.sarkastis
E.ejekan

4. Ani: ( menutup siaran radio ) Tapi,paman....
    Usman: Ah, pendapat orang tua tak uasah kau bantah, An. Tapi,( mengalihkan pikiran ) betul tadi tuan Sudarman mrnyuruh aku menyusul?
    Ani: Ya.
    Usman: Ke kantor pertemuan, katamu?
    Ani: Betul.
    Usman: Biar kususul kesana.
Watak tokoh Usman adalah.....
A. penurut
B. jujur
C. bijaksana
D. pemaaf.
E. sabar.

5. Gada : Ada masalah apa,Tumbal? mari kita bicarakan di Balai Para Pangeran.
    Tumbal: Maaf,pangeran,saya tidak masuk kedalam,(semua kaget).
    Gundu: Jangan sembrono,ini hari pesta Ulang Tahun Raja.
Latar adegan di atas adalah.......
A. pada siang hari
B. istana raja
C. suasana bertempur
D. dalam keadaan ricuh
E. didalam keluarga raja

1 komentar: